Wednesday, January 16, 2019

Ketika Ketinggalan Pesawat di Haneda, Tokyo – Part 1



Ketika Ketinggalan Pesawat di Haneda, Tokyo – Part 1


-|-


Assalamua’laikum sahabat Muabeyond!
Kembali lagi nh artikel baru buatan Muabeyond. Ini salah satu pengalaman yang tidak pernah Muabeyond lupakan karena pertama kalinya ketinggalan pesawat. Yang parah lagi, ketinggalannya di luar negeri lagi. Penasaran ? Langsung aja cuss.
WN : Seperti biasa, supaya tidak bosan, Muabeyond akan buat ini menjadi 2 part. Yeay!



--||--



Kejadian ini belum lama, 4 bulan yang lalu kalau tidak salah. Pertengahan bulan september 2018. Semua ini berawal dari Muabeyond yang harus berangkat ke Jepang. Karena menurut kontrak kerja, Muabeyond harus masuk kerja tanggal 1 Oktober 2018 sehingga Muabeyond harus berada di Jepang setidaknya 2 minggu sebelum masuk kerja.

Nah, semua urusan tiket, diurus oleh perusahaan sehingga Muabeyond tidak bisa protes atau apapun. Ya terima aja, namanya juga gratis, masa banyak maunya. Memang, biasanya perusahaan akan membelikan tiket pesawat yang affordable tapi senyaman mungkin buat karyawannya. Jadinya ya pesawatnya sih pasti enak-enak aja, hehe.

Tapi ternyata, ada kejadian tidak terduga. Typhoon menyerang daerah barat Jepang. Bahkan ada sebuah kapal yang menabrak jembatan penghubung antara Kansai International Airport dengan kota Osaka. Hal ini membuat airport ditutup selama beberapa hari.

Nah kebetulan nya terus berlanjut, Muabeyond harus pergi ke Osaka. Hal ini disebabkan karena perusahaan tempat Muabeyond bekerja ada di kota Osaka. Dari situ, Muabeyond mulai merasa tidak enak, ada hawa menakutkan muncul. Hehe bercanda.

Tidak ada pemikiran apa-apa sampai tiket pergi dikirim oleh perusahan.
--Yak, Jakarta -> Osaka tapi tidak direct. Transit terlebih dahulu di Tokyo. Sebanarnya tiket Jakarta ke Osaka itu banyak yang direct. Namun karena jembatan di Kansai International Airport sedang rusak, akhirnya perusahaan takut apabila Airport masih belum bisa digunakan. Makanya dikasih tiket yang non-direct.

WN : Oh ya, Sama seperti di Jakarta dan kota kota besar lainnya, di Osaka juga ada 2 airport, Kansai international airport dan Itami International Airport.

Alhamdulillah tiket udah datang. TAPI, setelah dilihat lagi, waktu transitnya cuman 2 JAM, 2 JAM teman teman. Huft. Hal yang ada didalam benak Muabeyond adalah [apakah bisa melewati imigrasi dan transfer bandara hanya dengan 2 jam?]. Okelah, pengalaman baru, let’s try it haha.

Sebagai anak rumahan yang akan merantau, Muabeyond banyak banget bawa barang dari Indonesia. Ada 2 koper untuk di bagasi dan 1 koper untuk di kabin. Terlebih lagi Muabeyond check-in bagasi cukup awal sekitar 3.5 jam sebelum penerbangan. Entah kenapa pada saat itu, penerbangan mengizinkan untuk check-in lebih awal.

Oh ya, Muabeyond diberikan 2 tiket, yaitu : Jakarta (CGK) -> Tokyo (HND) & Tokyo (HND) -> Osaka (ITM).  Jadinya nanti Muabeyond akan mendarat di Itami International Airport.
--Jakarta ke Tokyo naik Garuda Indonesia dan Tokyo ke Osaka naik All Nippon Airlines.

Nah dijadwal aslinya, waktu yang diperlukan untuk menempuh perjalanan hanya 7 jam 10 menit saja. Tapi semua berubah semenjak cuaca buruk menyerang. Sepertinya, karena ada angin dan badai, diawal-awal penerbangan ada turbulensi dan pesawat tidak bisa mendapatkan kecepatan maksimalnya. JADINYA PESAWATNYA TELAT DONG, HAHAHA.

Waktu perjalanan berubah menjadi 7 jam 40 menit. TELAT 30 MENIT, GIMANA INI. Mashaa Allah. Sebenarnya Muabeyond diatas pesawat mulai panik sih. Soalnya ini kan transit cuman 2 jam. Gimana kalau ketinggalan pesawat ? Masa harus beli tiket sendiri ? Kan mahal tiket pesawat. Hiks.

Ditambah telat 30 menit, waktu transit sekarang tinggal 1 jam 30 menit. Ini Muabeyond berasa ikut acara uang kaget yang harus menghabiskan uang dalam kurun waktu tertentu.

Setelah pesawat mendarat, Muabeyond udah siap buat buru-buru jalan karena semakin cepat kita sampai di gerbang imigrasi, maka semakin sedikit antrian yang harus kita hadapi. Nah setelah keluar pesawat, ternyata ada kakak petugas dari ANA yang udah nunggu didepan pintu keluar dengan membawa kertas bertuliskan nama Muabeyond.

Parah, terharu, berasa jadi orang penting, hehe.

Nah si Kaka petugas dari ANA ini jadi guide supaya Muabeyond bisa tepat waktu transitnya. Karena sisa 1 jam 30 menit lagi. Awalnya Muabeyond kira, bakal ada special immigration process kan ya, eh ternyata sama aja kayak imigrasi biasanya, haha. Alhamdulillah nya semua dokumen yang harus diperiksa sudah Muabeyond siapkan di atas pesawat, jadi tidak terlalu lama dalam proses imigrasi.

Nah ternyata setelah turun pesawat sampai selesai proses imigrasi itu mungkin berkisar 15 menit lah. Jadi masih ada waktu 1 jam 15 menit lagi. Aman lah Muabeyond pikir. Kalau yang lainnya lancar, paling dari imigrasi sampai transfer ke bandara domestik cuman butuh 20 menit lah. Jadi masih ada sekitar 1 jam lagi sebelum berangkat.

Tapi, tapi, tapi, semua itu buyar. Tahapan selanjutnya menghancurkan timeline yang Muabeyond sudah buat. Apa itu? Yak pengambilan bagasi. Bagasi milik muabeyond tidak muncul-muncul. 5 menit, 10 menit, 15 menit, bagasi nya masih belum muncul. Akhirnya, Muabeyond ingat bahwa pada saat check in, Muabeyond merupakan salah satu yang paling awal. Mungkin saja, masih mungkin ya, bagasi Muabeyond ada di paling bawah tumpukan seluruh penumpang.
Aaarrrrghh. どうしよう。

Muabeyond pun mulai panik, dan ternyata kaka petugas dari ANA juga terlihat sangat panik. Yes, ada temen, hehe. Akhirnya setelah menunggu selama 25 menit, bagasi pertama Muabeyond datang. Alhamdulillah, akhirnya datang juga. Tapi bagasi kedua nya tidak ada. Akhirnya Muabeyond masih menunggu lagi bersama penumpang lain. Namun yang punya wajah panik, cuman Muabeyond dan kaka petugas ANA.




--------||-----------------------------------||-----------------------------------||--------




Nah bagaimana kelanjutannya? langsung ada di part 2
Ngomong-ngomong, apabila teman-teman mau berinteraksi langsung dengan Muabeyond follow aja


instagram: muabeyond_official
dan
youtube: muabeyond.
See you next time !


WN : Kalau ada saran buat instagram dan youtube atau blog, jangan lupa komen ya =D


EmoticonEmoticon