Thursday, February 7, 2019

Belanja Online di Jepang: Rakuten dan Kesan Pertama



Belanja Online di Jepang
-
Episode 1 : Rakuten dan Kesan Pertama


-|--||--|-


Halo, Selamat datang lagi di muabeyond. Setelah saya tidak bisa menerjemahkan Novel Jepang apa pun karena tidak ada penulis yang ingin memberikan izin, saya cukup kecewa sih. Soalnya, itu ada di syosetu, gratis dan saya tidak mendapatkan apa pun ketika menerjemahkannya. Saya bahkan tidak memiliki sponsor atau iklan di situs web saya, haha. Maaf jadi curhat.

Karena itu, saya ingin membuat bagian baru di blog saya: Shopping. Versi Bahasa inggris nya sudah terbit dan bisa di cek disini: Inggris. Sekarang, dalam Episode 1 ini, saya ingin menceritakan pengalaman saya berbelanja online di Jepang.

Seperti banyak negara lain, saat ini, belanja online cukup populer. Bagi saya, sebagai orang asing yang tinggal di pedesaan di Jepang, sulit menemukan barang yang saya inginkan di sekitar tempat tinggal saya ini. Itu sebabnya belanja online adalah salah satu solusi terbaik bagi saya. Belanja dari kamar, Yes!

Untuk orang asing, saya yakin situs web dan aplikasi belanja online paling terkenal di Jepang adalah Rakuten dan Amazon. Ya, ini yang paling terkenal. Bahkan, sepertinya saya tidak terlalu tahu situs web lain selain website yang saya sebutkan tadi.

Oke, bedanya apa? Jadi, pada dasarnya, jika Anda adalah orang asing yang tidak benar-benar mengerti bahasa Jepang, Amazon adalah situs web terbaik untuk Kamu. Alasannya sih sederhana, Harga di Amazon cenderung lebih murah, ada fitur pengiriman gratis pada beberapa produk dan dapat menggunakan bahasa Inggris di webnya. Di sisi lain, Rakuten kekeh dengan bahasa Jepang, tidak tahu kenapa lebih mahal dan jarang menawarkan pengiriman gratis yang kisaran harganya adalah 500 Yen.

Namun, saya ingin tahu bagaimana belanja online di Rakuten. Karena kalau saya tidak pernah belanja di Rakuten, saya tidak terlalu apa bedanya. Saya butuh pengalaman. Jadi, saya memutuskan untuk membeli sesuatu dari Rakuten. Sebenarnya, alasan lain kenapa saya mau mencoba membeli dari Rakuten adalah karena saya menggunakan Rakuten Mobile dan saya mendapat Rakuten point cukup banyak, dan itu bisa digunakan untuk membeli barang dari toko online Rakuten. Enak ga, sih?

Saya membeli Controller Xbox, edisi putih, tapi itupun tidak sengaja. Xbox Controller yang edisi putih lebih mahal dari yang edisi warna hitam. Saya beli karena saya tidak sadar ada yang versi warna hitam. Setelah selesai bayar baru nyadar yang warna hitam ada di bagian bawah dari halaman pembelian, Hahaha. Harganya sekitar 5800 Yen termasuk biaya pengiriman. Itu mahal jika Anda membandingkan dari amazon yang baru saja dijual seharga 5200 Yen dan pengiriman gratis. Tetapi karena saya memiliki poin dari Rakuten, dan ini adalah pengalaman baru bagi saya, saya tidak begitu peduli dan hanya membelinya.

Saya membeli dari toko ini dan semua web nya full pakai Bahasa Jepang. Namun, saya baru tahu ada Rakuten global Shopping web yang bisa pakai Bahasa inggris. Tapi kurang tahu sih apakah semua barangnya ada disitu atau tidak. Saya akan menceritakan di artikel lainnya di lain waktu jika saya mau, haha. Oke, ini dia.

Pertama, setelah kamu memasukkan produk ke keranjang belanja Kamu, Kamu akan diminta untuk login. Yap, kalau belum punya akun, cukup mendaftar sebagai anggota Rakuten secara gratis dan Kamu sudah memiliki akun Rakuten. Dalam kasus saya, karena saya sudah menggunakan layanan Rakuten Mobile, saya sudah punya akunnya sehingga saya langsung login dengan akun yang saya punya..

Kedua, jika data Kamu belum lengkap, Rakuyten akan meminta Kamu untuk melengkapinya. Seperti dimana alamat Kamu, nomor telepon Kamu, nama Kamu, dan lain-lain. Udah kayak mau nyulik atau stalker aja ya, hehe. Tapi ini murni untuk prosedur standar pengiriman.

Ketiga, Kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Ini beda beda sih, tergantung toko. Beberapa toko hanya mengizinkan untuk menggunakan kartu kredit, tetapi beberapa toko memberikan izin melalui transfer bank. Tentu saja, saya memilih menggunakan poin supaya bisa 100% gratis, Yeah!.

Keempat, Rakuten akan menunjukkan ulasan dan detail dari pesanan Kamu, tentu saja dalam bahasa Jepang. Jika Anda bermasalah, gunakan saja google chrome dan gunakan fitur terjemahkan halaman. Ini sangat membantu untuk bertahan hidup ketika mengunjungi situs web yang berbasis bahasa Jepang, hehe.

Kelima, konfirmasi. Kamu akan menerima notifikasi dari Rakuten dan dari took tempat kamu membeli barang tersebut, lagi-lagi pakai Bahasa Jepang. Tapi kalau Kamu sedang belajar Bahasa Jepang, sepertinya itu bagus buat latihan.

Ya kira-kira begitulah caranya. Tinggal tunggu dan nanti tiba-tiba pesanan nya datang.
Bagian yang terbaik saat saya mencoba ini, secara mengejutkan paketnya sampai hanya satu hari setelah saya membelinya, benar-benar 24 jam. Kece badai, saya kaget, haha. Teng Teng, Sebuah Xbox Controller berwarna putih sudah sampai di tangan saya. Unboxing dan First Impression nya bisa ditonton disini.

Hal-hal yang saya pelajari dari berbelanja di Rakuten, alih-alih memberikan pengiriman gratis, mereka mengirimkannya langsung menggunakan pos sehingga pelanggan bisa mendapatkannya sesegera mungkin tetapi kami harus membayar kiriman. Oh ya, ga semua toko juga langsung memberikan harga yang sudah termasuk pengiriman loh.

Kesan saya buat Rakuten adalah, untuk website belanja online, saya rasa ini cukup baik dan memberikan kemudahan dalam memakai penggunanya walaupun dalam Bahasa Jepang ya. Tetapi, sebagai orang asing, Jujur saya tidak terlalu suka pelayanannya. Seperti pengiriman contohnya, Rakuten memaksa pelanggan untuk membayar biaya pengiriman agar barangnya bisa datang lebih cepat. Namun, Kenapa tidak berikan pilihan lain seperti pengiriman gratis walau butuh waktu yang lama dalam pengirimannya. Bukan sebuah kebijakan yang tepat untuk Rakuten, meskipun Rakuten adalah raksasa dan salah satu perusahaan terbaik di Jepang. Lihat aja Jersey Barcelona, ada logo Rakutennya!!!

Baiklah, Good Job Rakuten. Tetapi untuk saya pribadi, jika saya tidak benar-benar perlu, saya lebih suka berbelanja di tempat lain seperti di toko sebelah.

Poin untuk Rakuten: 7/10 oleh Muabeyond.

- | - || - | -

Itu episode pertama tentang Cara Berbelanja online di Jepang. Saya akan mengulas amazon juga, dan kesan pertama saya dengan barang yang saya beli dari Amazon. Disclaimer: Tidak ada artikel saya yang disponsori oleh siapa pun, haha. Jadi tolong mengerti saya tidak mempromosikan merek apapun, saya hanya ingin berbagi pendapat saya, supaya Kamu bisa menilai dengan objektif.

Sampai jumpa di artikel lain.
Silakan follow Instagram saya: muabeyond_official
dan berlangganan YouTube saya: Muabeyond
untuk mendukung saya = D
Tinggalkan komentar Anda di bawah ini =D


EmoticonEmoticon