Wednesday, February 13, 2019

4 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Jalan-Jalan

4 Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Jalan-Jalan
Episode 1: #Cara


-|-

Assalamu'laikum teman-teman, kembali lagi di muabeyond site. Kali ini Muabeyond mau buat essay dengan tema #Cara. Di artikel kali ini, saya akan membagikan 3 cara mendapatkan tiket murah versi saya.

-|--||--|-


Melancong atau liburan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu. Terlebih lagi apabila seseorang pergi untuk pertama kalinya. Namun, walaupun punya kesan menyenangkan, liburan kerap kali menjadi momok yang menakutkan bagi keluarga yang mempunyai manajemen keuangan yang ketat. Tidak heran, karena ada kalanya biaya tiket dan akomodasi menjadi salah satu hal yang paling mahal selama perjalanan liburan. Tidak hanya itu, harga juga merupakan salah satu alasan seseorang atau sebuah keluarga untuk menunda liburan yang diidamkan.

Namun, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk dapat mendapatkan tiket-tiket dengan harga yang jauh dari standar. Inilah 4 cara mendapatkan tiket murah untuk Jalan-Jalan versi Muabeyond.

Pertama, Membeli tiket di acara travel fair

Salah satu cara paling mudah mendapatkan tike murah adalah membeli tiket di acara travel fair terdekat. Acara travel fair merupakan sebuah ajang promosi yang dilakukan oleh perusahaan maskapai dan perusahaan jasa travel yang digelar secara berkala dikota kota tertentu. Pada acara ini, tiket dengan harga yang sangat miring bisa dengan mudah ditemukan. Terlebih lagi, sebelum membeli, pembeli dapat berkonsultasi dengan pihak penyedia jasa travel dan bertanya tentang tiket yang akan dibeli.

Namun, walaupun harga yang sangat murah, tidak semua pembeli pasti mendapatkan tiket impiannya. Harus diingat, acara travel fair merupakan sebuah ajang promosi sehingga tiket murah yang dijual akan sangat terbatas dan mempunyai beberapa kriteria tertentu seperti tanggal, transit dan hal-hal lainnya. Karena popularitasnya yang sangat tinggi, banyak sekali calon pembeli yang antri berjam-jam sebelum acara ini dibuka dan tentu saja membuat tiket murah cepat habis terjual. Oleh karena itu, jika ingin membeli tiket murah dengan cara ini, persiapkanlah waktu dan budgetnya.

Salah satu travel fair yang paling diminati adalah Garuda Indonesia Travel Fair (GATF). Tentu saja, karena Garuda Indonesia merupakan salah satu dari maskapai premium dengan segala layanannya. Harga yang pernah ditawarkan oleh Garuda Indonesia untuk perjalanan Jakarta-Osaka PP yang paling murah berkisar 2.5 juta. Namun, mungkin hanya beberapa orang saja yang bisa mendapat tiket dengan harga semurah itu. Pengalaman Muabeyond sendiri ketika membeli tiket di GATF adalah perjalanan Jakarta - Osaka direct PP dengan harga 4.8 juta saja. Hal ini tentu sangat murah, bukan? Karena bila membandingkan harga normal dari tiket Garuda Indonesia tujuan Jakata-Osaka, maka saya harus membayar minimal 11 Juta. Diskon lebih dari 50%.

Kedua, Membeli tiket di Online Travel Fair

Jika travel fair pada acara pertama pembeli dapat langsung bertatap muka dengan penjulal, di cara kedua ini cukup berbeda. Karena Online Travel Fair biasanya disediakan oleh perusahan penyedia jasa travel berbasis online seperti Traveloka atau Tiket.com. Namun, membeli tiket di Online Travel Fair ini bisa dikatakan melibatkan unsur keberuntungan dikarenakan kadang kala perusahaan tidak mengumumkan tentang acara tersebug dan pembeli tidak sadar bahwa ada tiket murah di beberapa penyedia jasa travel online. Ditambah lagi, persaingan dengan para pengguna lainnya membuat aplikasi akan melambat dan tiba-tiba saja tiketnya sudah habis terjual. Satu-satunya pengalaman Muabeyond menggunakan cara ini adalah saat sadar adanya Traveloka Travel Fair di bulan Oktober 2018.

Pada travel fair tersebut, harga yang diberikan sangat miring dari harga aslinya. Tiket tujuann Jakarta-Osaka PP dari JAL saja hanya dihargai 4 juta. Walaupun, memang, didalam paket penjualannya penumpang diharuskan transit terlebih dahulu di kota Tokyo. Namun, terlepas dari itu, harga ini tetap sangat murah. Hal ini dikarenakan, Japan Airlines (JAL) bukanlah low cost airlines seperti air asia atauput JetStar, tetapi harganya bisa lebih murah dari kedua maskapai tersebut.

Ketika membeli tiket di onlin travel fair, pastikan bahwa data seluler dan seluruh data pribadi telah disiapkan. Ketika membeli juga hendaknya tetap tenang dan hati hati dalam memilih tanggal dan memasukkan data pribadi. Hal ini dikarenakan tiket yang dibeli pada online travel fair tidak mempunyai opsi 'refund' dan akan sangat merugikan apabila salah memasukkan tanggal. Pastikan juga untuk memasukkan data pribadi sesuai dengan paspor dan KTP untuk menghindari potensi masalah yang muncul pada saat melakukan perjalanan.

Ketiga, cari promo tambahan di aplikasi travel.

Selain travel fair, aplikasi travel online juga sering kali menyediakan promo-promo tambahan dengan beberapa syarat. Traveloka dan Tiket.com juga merupakan aplikasi yang menyediakan banyak promo semacam ini. Salah satu promo yang dimiliki dari Traveloka adalah Smart Combo. Smart combo merupakan fitur yang secara langsung menyaring perjalanan pergi dan pulang hanya menggunakan satu maskapai dengan harga yang spesial.

Walau tidak semurah harga pada travel fair, namun harga ini bisa juga dipertimbangkan untuk para calon pembeli. Traveloka pernah memberikan tiket smart combo jurusan Jakarta-Osaka PP dengan menggunakan Singapore Airlines dengan harga 5.9 Juta. Hal ini bisa jadi lebih murah jika saat itu ada diskon spesial yang disesiakan traveloka sehingga tiket tersebut bisa dibeli hanya dengan membayar 5.4 juta rupiah.

Tentu, tiket tersebut menjadi sangat murah terlebih lagi singapore airlines adalah maskapai terbaik dunia yang memberikan pelayanan terbaiknya diudara. Tiket murah dengan pelayanan terbaik dunia bukan hanya sekedar mimpi.

Keempat, cari promo langsung dari penyedia jasa travel

Cara terakhir ini merupakan cara yang harus memanfaatkan koneksi dengan penyedia jasa travel. Kenapa? Karena informasi tiket murah bisa didapat apabila calon pembeli pernah berinteraksi langsung dengan penyedia jasa travel.

Maskapai penerbangan sering kali menyediakan beberapa tiket murah yang khusus disediakan untuk penyedia jasa travel diluar jadwal travel fair. Informasi dan pembelian pun hanya bisa dilakukan oleh penyedia jasa travel. Penyedia jasa travel pun hanya akan memberikan informasi ini kepada pembeli pernah membeli tiket ataupun tertarik dengan perusahaan tersebut. Hal ini lah yang menjadi salah satu kendala sebelum dapat menggunakan cara ini. Namun, apabila sudah masuk dalam lingkaran informasi penyedia jasa travel, maka informasi mengenai tiket murah akan mudah didapatkan.

Tapi, ingat, untuk cara terakhir ini, para pembeli harus lebih berhati-hati dan harus rajin untuk melakukan verifikasi tentang penyedia jasa travel. Pilihlah penyedia jasa travel yang sudah terpercaya dan memmpunyai ulasan baik untuk mengurangi resiko kehilangan material.

Nah itulah 4 #cara mendapatkan tiket murah versi Muabeyond. Teman-teman punya pengalaman yang sama? atau ada yang beda? komen dibawah untuk sharing pengalaman tentang berburu tiket murah untuk liburan.

-|--||--|-


Oh ya, ngomong-ngomong, mungkin ada yang nanya kenapa contohnya selalu Jakarta-Osaka. Hal ini karena saya saat ini sedang tinggal di Jepang dan tiket tersebut saya cari untuk penerbangan orang tua dan adik saya yang ingin berkunjung ke Jepang. Cara-cara tadi tidak khusus untuk pergi ke Jepang ko, karena tiket tujuan lainnya seperti eropa dan amerika juga bisa didapatkan dengan cara tersebut.

Silakan follow Instagram : muabeyond_official
dan berlangganan YouTube: Muabeyond
untuk mendukung website ini!

Bam bam bam (efek suara transisi), Sekian aja dulu, sampai jumpa di artikel selanjutnya!


EmoticonEmoticon