Monday, February 25, 2019

Japan Airlines dan Audio Guide


Japan Airlines dan Audio Guide
#sekilas episode 2

-|-



Assalamua'laikum teman-teman, kembali lagi di Muabeyond blog. Kali ini di sesi #sekilas episode 2, Muabeyond mau bahas tentang beberapa hal tentang maskapai Japan Airlines dan fitur unik yang bernama audio guide.

Apa sih audio guide itu? dan kenapa Japan Airlines? Penasaran ga? Oke Langsung aja.

Kita mulai dengan perkenalan maskapai Japan Airlines dulu ya. Japan Airlines merupakan salah satu perusahaan maskapai asal jepang yang didirikan pada tanggal 1 agustus 1951. Pada saat awal didirikan, Maskapai penerbangan ini dimiliki seluruhnya oleh pemerintah Jepang hingga pada akhirnya, karena adanya pertumbungan dan pengembangan dalam perusahaan, maskapai ini berubah status menjadi milik swasta pada tahun 1987.

Seperti pada umumnya perusahaan asal Jepang, Japan Airlines mempunyai kantor pusat di Tokyo dan kantor cabang utama di beberapa kota besar lainnya di Jepang, seperti Osaka, Nagoya, Okinawa dan Sapporo. Maskapai yang mempunyai slogan 'dream skyward' dan 'fly into tomorrow' ini merupakan perusahaan raksasa dengan 'revenue' sekitar 1.336,66 Miliar Yen atau 169 Triliun Rupiah pada tahun 2015. Wow gede banget ya!

Tapi di artikel kali ini, bukan Japan Airline secara perusahaan yang mau dibahas. Namun, salah satu fitur yang mungkin jarang ditemukan di maskapai penerbangan lain, yaitu audio guide.

Oh ya, disclaimer dulu, saat artikel ini diterbitkan, Muabeyond menulis artikel ini dengan membandingkan Japan Airlines dengan beberapa maskapai yang pernah Muabeyond coba seperti Garuda Indonesia, Batik Airlines, Philippine Airlines, Air China, Air Asia dan Jetstar. Jadi ada kemungkinan yang tinggi, maskapai lain yang muabeyond belum coba mempunyai fitur yang sama.

Nah, apa sih audio guide ini? Mungkin dari namanya teman-teman udah bisa mendapat petunjuk ya apa fungsinya. Ya, audio guide merupakan sebuah fitur yang disematkan pada beberapa alat atau tempat yang berfungsi untuk memberikan penjelasan detail dengan menggunakan media suara. Gambaran mudahnya tuh, audio guide ini petunjuk pemakaian yang awalnya tulisan biasa diubah menjadi suara.

Terus, tujuannya apa ya audio guide ini dibuat? Kan udah ada petunjuk yang biasa? Nah faktanya, audio guide ini dibuat biasanya diperuntukkan untuk orang orang yang mempunyai gangguan pada indra penglihatannya. Jadi orang-orang yang rabun, sakit mata atau bahkan tidak bisa melihat pun masih bisa untuk memahami dan menikmati dari layanan yang ditawarkan. Memang, audio guide ini biasanya sangat jarang ditawarkan pada berbagai produk. Hal ini dikarenakan terkadang biaya yang harus dikeluarkan untuk memberikan dukungan pembuatan audio guide tidak sebanding dengan pemasukan atau target pemakai yang ada.

Namun, nyatanya, hal ini tidak berlaku pada Japan Airlines. Pada penerbangan kelas apapun milik Japan Airline, teman - teman bisa menemukan sebuah layanan entertaiment yang ditawarkan oleh Japan Airlines di setiap bangkunya. Disinilah letak keunikannya, karena Japan Airlines menyediakan beberapa film terkenal yang mendukung fitur audio guide. Salah satu film yang mendukung layanan tersebut adalah Thor: Ragnarok. Salut deh buat Japan Airlines.

Nah mungkin ada yang bertanya-tanya ya, apa spesial nya punya fitur audio guide? kayaknya biasa aja.

Nah, memang sih, bagi kita yang punya penglihatan sempurna ataupun punya gangguan mata yang bisa diatasi dengan alat bantu, film dengan audio guide merupakan hal yang kurang penting dan tidak menarik. Namun, bagi teman-teman kita yang benar-benar kesulitan melihat karena adanya gangguan pada matanya, audio guide merupakan salah satu cara efektif yang bisa digunakan untuk tetap bisa menikmati cerita dan alur dari sebuah film.

Dengan tersedianya fitur ini pada entertainment menunjukkan bahwa Japan Airlines sangat memperhatikan seluruh kondisi calon penumpang yang mungkin saja menjadi pelanggan Japan Airlines. Walau Muabeyond belum bisa mengkonfirmasi langsung kepada Japan Airlines, namun Muabeyond sangat yakin ini adalah salah satu cara Japan Airlines memastikan penumpangnya mendapat layanan yang sama walaupun memeiliki keterbatasan dalam fisiknya. Keren banget ga sih? Patut dicontoh untuk maskapai lainnya.

Nah, sekarang teman-teman mulai paham kan apa itu audio guide dan untuk apa audio guide?
Oh ya, selain itu, pengalaman menonton film dengan audio guide cukup unik loh menurut pendapat Muabeyond pribadi. Pertama kali Muabeyond mencoba menonton film dengan audio guide, ada perasaan mengganggu yang cukup terasa. Hal ini dikarenakan, menonton film dengan audio guide dengan mata terbuka malah membuat cepat lelah loh. Hal ini dikarenakan, film dengan audio guide memberikan komentar tentang gambaran jelas pergerakan dan latar dari setiap cuplikan film. Karena Muabeyond terbiasa hanya menggunakan visual untuk memahami latar dan pergerakan karakter, ketika menggunakan audio guide, kepala Muabeyond butuh bekerja lebih keras untuk mensinkronisasikan komentar yang dikatakan audio guide dan visual data yang ditangkap mata.

Ya pasti sih, cara terbaik untuk menikmati film dengan audio guide adalah dengan menutup mata dan berkonsentrasi pada indra pendengaran. Seru juga, pengalaman baru.
Nah gimana? Udah tahu kan apa kehebatan dari audio guide sekarang? Buat teman-teman yang punya keterbatasan penglihatan, jangan lupa untuk selalu mencoba mencari layanan yang punya audio guide nya. Karena walaupun mungkin terlihat remeh dan kurang penting bagi sebagian orang, tapi ini ternyata bisa membantu banget buat kita loh. Karena kalau bisa dapat petunjuk, kenapa tidak?

Oke, sekian artikel dari sesi #sekilas episode 2 ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat teman-teman. Mohon maaf Muabeyond tidak membahas audio guide secara spesifik karena di episode 2 ini, Muabeyond sedikit memasukkan pengalaman pribadi di informasi sehingga mengambil contoh dari banyak sudut pandang.

Jangan lupa juga kunjungi channel Youtube Muabeyond disini karena akan banyak hal-hal unik yang muabeyond buat dan pastinya artikel-artikel asih di blog ini akan Muabeyond jadikan audio agar lebih mudah untuk dipahami.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya =D


EmoticonEmoticon