Tuesday, February 26, 2019

Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai: Sebuah Novel Segar

Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai: Sebuah Novel Segar
#Muabeyomu Episode 1


-|-


Assalamua'laikum teman-teman. Apa kabarnya? Aman lah ya.

Kali ini Muabeyond datang dengan sebuah sesi baru lagi di blog ini, yaitu proyek ulasan cerita. Namun di sesi #Muabeyomu ini, Muabeyond akan lebih fokus membahas tentang novel ataupun manga yang menurut subjektifitas Muabeyond sendiri sangat bagus untuk di baca oleh teman-teman. Tidak lupa juga, Muabeyond akan kasih link sumbernya supaya teman-teman bisa baca langsung dari penulis aslinya.

Penasaran tidak? Oke, Langsung aja #Muabeyomu Episode 1.

Novel dengan judul asli 俺の死亡フラグが留まるところを知らない atau Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai adalah sebuah novel karya novelis Jepang bernama Izumi(泉). Novel dengan nama lain [Tanda Kematianku terlihat tidak akan berakhir] ini pertama kali dipublikasikan di website syosetu (narou), sebuah website bagi novelis asal Jepang mempublikasikan karya novel mereka secara mandiri, pada tahun 2014. Sampai saat ini, penulis masih belum menamatkan ceritanya dan baru mempunyai 104 chapters.

Trivia syosetu (narou): Banyak banget novel, manga atau anime yang terkenal dan laku di pasaran awalnya berasal dari website ini. Tentunya website ini menyimpan banyak cerita-cerita yang unik untuk dibaca apabila kamu bisa berbahasa Jepang.

Secara tema awal, mungkin teman-teman bisa menebak dari judulnya ya. Novel ini menyajikan salah satu cerita yang cukup mainstream, yaitu seseorang yang tiba-tiba masuk ke dunia game. Hal yang membuat cerita ini menarik adalah, si karakter utama, Hirasawa Kazuki, dalam  cerita ini masuk ke tubuh antagonis yang paling dibenci oleh semua orang didalam game tersebut, Harold Stokes. Harold stokes merupakan antagonis yang benar-benar berperilaku buruk sampai-sampai mendapatkan panggilan [Raja sampah].

Sadar menjadi sebuah karakter yang dibenci semua orang, Hirasawa Kazuki mencoba mengingat tentang cerita yang ada didalam game tersebut dan menyadari bahwa jika dia tidak melakukan apapun maka ia akan menemui akhir hidup yang menyedihkan. Tidak ingin berakhir menyedihkan, Hirasawa Kazuki (Harold Stokes) mencoba merubah semua event didalam game agar ia dapat merubah akhir dari cerita hidupnya.

Itu adalah gambaran singkat cerita dari Novel tersebut. Lalu, apa sih alasan utama novel ini layak dibaca?

Pertama, karakter utama dalam novel ini cukup kuat sehingga menjadi salah satu aspek yang sangat mempengaruhi cerita. Ya, didalam game, Harold stokes mempunyai kepribadian dan kata-kata yang sangat buruk sangat cocok disebut sebagai antihero. Namun, setelah Hirasawa Kazuki masuk kedalam tubuhnya, nyatanya kepribadian ini tidak bisa hilang dan menjadi hal yang unik. Walaupun terlihat menyebalkan, namun pembaca akan menyadari betapa Harold Stokes adalah orang yang baik dibalik kata-kata dan perilaku buruknya dan terlihat seperti karakter tsundere. Bahkan, kata-kata dan perilakunya inilah yang sering membuat kesalahpahaman dalam cerita dan membuat cerita lebih berkembang.

Kedua, Alur cerita yang jelas membuat pembaca nyaman mengikuti cerita. Lagi, ini adalah subjektifitas dari Muabeyond. Novel ini adalah salah satu novel dengan perkembangan cerita yang tidak terlalu cepat, juga tidak terlalu lambat. Hal ini sangat cocok dengan preferensi Muabeyond karena secara personal, Muabeyond merasa pembaca dapat membayangkan lebih detail keadaan dan latar belakang yang disajikan dalam cerita tersebut. Namun, kadang kala ada fase dimana pembaca merasa terlalu lama ataupun terlalu cepat. Hal ini wajar, karena penulis mencoba memberikan spark ataupun twist baru agar dapat menarik minat dari pembaca.

Ketiga, Cerita yang mempunyai twist dalam alurnya. Banyak nya terjadi kesalahpahaman dan tokoh utama yang mempunyai karakter kuat menyebabkan beberapa twist pada alur ceritanya sehingga menambah daya tarik untuk berimajinasi bagi para pembaca. Alur ceritanya juga benar-benar disuguhkan dengan tambahan bumbu komedi dan tragedi sehingga banyak mematahkan ekspektasi dari pembaca.

Akhirnya, Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai berhasil membuat cerita dengan tema mainstream dan disajikan dengan cukup segar untuk diikuti karena berhasil mengubah banyak aspek yang dapat membuat menjadi membosankan. Hal ini ditunjukkan dengan tokoh utama yang mempunyai karakter antihero, kesalahpahaman yang memunculkan masalah-masalah lain dan masih banyak lain didalam ceritanya.

Lalu, jika ditanya, apakah novel ini layak untuk dibaca? Menurut Muabeyond, Ya. Novel ini layak untuk dibaca. Muabeyond memberikan nilai 8/10. Good Job buat Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai.

Jika teman-teman bisa berbahasa Jepang, bisa langsung baca disini.

Namun, kalau mau mencari versi bahasa Inggrisnya, bisa langsung cari di browser aja. Karena biasanya banyak penggemar yang berusaha menerjemahkan secara sukarelawan. Selamat membaca teman-teman.

-----------------------
Nama                   : 俺の死亡フラグが留まるところを知らない
Nama Alternatif : Ore no Shibou Flag ga Todomaru Tokoro wo Shiranai /
                               Tanda Kematianku terlihat tidak akan berakhir /
                               My Death Flags Show No Sign of Ending
Genre                   : Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Tragedy
Penulis                 : 泉
Tahun terbit         : 2014
Status                   : Belum tamat / 104 chapter
Penerbit               : Syosetu
----------------------

Nah, sekian aja #Muareview kali ini. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang tertarik untuk membaca. Ayo membaca supaya kita dapat meningkatkan pola imajinasi dan pemikiran yang kita punyai.

Jangan lupa juga untuk kunjungi channel Youtube Muabeyond ataupun Instagram Muabeyond karena akan banyak konten konten lain.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya. =D



EmoticonEmoticon