Wednesday, February 27, 2019

Tempat duduk di pesawat? Pilih yang mana?

Tempat duduk di pesawat? Pilih yang mana?
#hikaku Episode 1


-|-




Assalamua'laikum teman-teman. Kembali lagi di blog Muabeyond. Kali ini di episode 1 artikel #hikaku ini, Muabeyond mau memberikan sebuah perbandingan tentang pemilihan tempat duduk jika kita bepergian menggunakan pesawat.



Penasaran tidak? atau biasa aja? Hehe. Oke, Langsung aja.



Ketika melakukan perjalanan dengan pesawat, pemilihan tempat duduk merupakan sebuah hal yang bisa dikatakan cukup unik. Sebagian orang tidak terlalu peduli dengan lokasi tempat duduk yang mereka dapatkan didalam pesawat. Namun, sebagian orang merasa tempat duduk merupakan sebuah hal yang penting, terlebih lagi apabila melakukan perjalanan jarak jauh. Nah, kalau teman-teman, lebih suka yang mana nih?



Bagi Muabeyond sendiri, lokasi tempat duduk cukup penting. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kita saat melakukan perjalanan. Tapi sejujurnya, Muabeyond sendiri hampir tidak pernah memilih tempat duduk karena pada saat melakukan check-in, lokasi tempat duduknya telah tercantum karena lupa untuk minta diganti. Hal ini lah yang menyebabkan Muabeyond pernah merasakan banyak posisi tempat duduk di pesawat dalam berbagai kondisi. Nah kita mulai aja nih, artikel memilih tempat duduk di pesawat.



Hal yang pertama yang perlu diketahui sebelum memilih tempat duduk pesawat adalah mengetahui layout tempat duduk didalam pesawat. Biasanya, layout tempat duduk pesawat mencerminkan seberapa besar pesawat yang digunakan sehingga dapat menjadi gambaran apabila ingin memilih tempat duduk.



Oh ya, selain dari layout pesawat, jenis maskapai juga harus dipertimbangkan. Perlu diingat bahwa maskapai penerbangan low cost biasanya membuat layout tempat duduk sedikit tidak sesuai dengan lokasi jendela sehingga bisa menjadi salah satu parameter dalam memilih tempat duduk di pesawat.



Kedua, lokasi tempat duduk di daerah emergency exit. Tempat duduk di barisan emergency exit biasanya mempunyai ukuran yang lebih lega dibandingkan dengan tempat duduk di barisan biasa. Hal ini dibuat dengan tujuan memudahkan penumpang menggunakan emergency exit apabila terjadi sebuah keadaan yang tidak diinginkan. Walaupun lega, namun biasanya tempat duduk di emergency exit kehilangan beberapa fitur dari tempat duduk biasa sehingga kurang nyaman apabila melakukan perjalanan jarak jauh.



Nah, sekarang selesai basa-basinya. Mari mulai membahas bahasan utama.

Pertama, pilih lokasi duduk di dekat jendela, didekat koridor atau diantara kedua tempat duduk tersebut?

Pada layout tempat duduk menggunakan format 3-3 atau 2-4-2, pastinya akan ada tempat duduk ditengah yang tidak bersentuhan dengan koridor maupun jendela. Menurut pendapat pribadi Muabeyond, apabila teman-teman tidak pergi bersama keluarga di satu baris, ataupun hanya pergi sendirian, sebaiknya hindari posisi kursi ini. Muabeyond bisa katakan, posisi kursi ini sangat tidak menyenangkan apabila bepergian sendiri.

Kenapa? Hal ini karena penumpang tidak punya lahan bebas untuk melakukan sesuatu di antara kedua tempat duduk disampingnya. Bayangkan kejadian ini, apabila kita ingin tidur dalam posisi duduk, ada kalanya orang-orang seperti Muabeyond yang tidak punya posisi tidur yang bagus saat duduk, kehilangan keseimbangan dan merubah posisi tidur kita. Apabila kita sendirian dan duduk di tengah, maka akan ada sebuah kondisi dimana kepala kita akan menempel pada bahu orang lain. Kondisi ini akan menjadi tidak nyaman bagi kita sendiri maupun orang lain.

Tentu saja, hal ini bukan hanya tentang tidur dengan posisi duduk. Penumpang yang duduk di posisi ini akan kehilangan akses langsung ke koridor dan kehilangan keuntungan untuk berada di dekat jendela. Hal ini menyebabkan tidak adanya keuntungan apapun bagi penumpang yang pergi sendirian untuk duduk di posisi tengah ini.

Namun, berbeda apabila kita pergi bersama teman atau keluarga. Jika tidak bepergian sendiri, posisi tengah ini bisa menjadi salah satu posisi yang paling nyaman karena kita dapat duduk dengan sedikit gangguan dari arah jendela dan koridor yang pastinya tanpa takut mengganggu orang di samping kita karena merupakan keluarga sendiri atau teman (ini juga subjektif sih). Posisi ini juga direkomendasikan untuk orang yang tidak berniat untuk sering pergi ke lavatory ataupun melakukan hal-hal lain yang butuh keluar dari dari tempat duduknya.

Kemudian, tempat duduk dekat dengan posisi jendela. Sama seperti posisi lainnya, terdapat beberapa keuntungan dan kekurangan saat memilih posisi ini. Pertama, jika kamu terbang dengan maskapai penerbangan low cost, jangan berharap untuk bisa mendapat jendela penuh. Bahkan mungkin saja kamu tidak akan mendapat akses ke jendela sama sekali. Namun, apabila kamu ingin benar-benar istirahat dan tidak mendapat apapun dari arah koridor, lokasi tempat duduk ini sangat cocok.

Ketika duduk di posisi dekat jendela, seseorang akan mendapatkan kenyamanan maksimal karena dapat beristirahat dengan salah satu sisi badan dapat ditumpu oleh jendela. Namun, walaupun posisi ini sangat nyaman, apabila kondisi kita butuh untuk mobilisasi maupun sering pergi ke lavatory, posisi ini sangat tidak dianjurkan karena akan sangat mengganggu penumpang lainnya jika kita sering keluar masuk tempat duduk saat berada di posisi duduk dengan jendela.

Terakhir, posisi dekat dengan koridor. Ya, mungkin sudah kebayang ya dari pembahasan sebelumnya. Posisi duduk ini sangat cocok untuk penumpang yang butuh mobilisasi tinggi. Namun, posisi ini juga merupakan salah satu posisi yang paling menyebalkan karena kita harus terpaksa bergerak apabila penumpang lain ingin keluar dari tempat duduknya. Ya seperti sudah disebutkan tadi, itulah resiko ketika sudah memilih tempat duduk di pesawat.

Sebelum memutuskan memilih, jangan lupa posisi baris. Apabila kita melakukan perjalanan jarak yang jauh, hindari posisi baris paling belakang karena posisi kursi yang bisa dikatakan tidak nyaman dan membuat badan sakit jika terlalu lama duduk di posisi tersebut. Apabila kamu butuh cepat keluar untuk melakukan transit atau kebutuhan lainnya, pilihlah baris yang dekat dengan pintu keluar sehingga memudahkan dalam proses mobilisasi keluar. Jika tidak punya preferensi khusus, di baris manapun tidak akan memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Nah, kira-kira itulah perbandingan memilih posisi tempat duduk di pesawat dari Muabeyond. Apabila ditanya dimanakah posisi terbaik untuk duduk di dalam pesawat? Jawabannya pasti ya di First Class. Hehe, bercanda. Jawabannya bergantung dengan kebutuhan teman-teman sendiri. Karena setiap posisi tempat duduk memang punya keuntungan dan kekurangannya dan harus disesuaikan dengan kondisi saat melakukan perjalanan.

Tapi kalau Muabeyond sendiri lebih memilih untuk berada didekat koridor karena saya lebih nyaman untuk mudah bergerak dibandingkan dengan kehilangan ruang gerak. =D

Sekian aja dari sesi #hikaku episode 1 kali ini. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat teman-teman.

Muabeyond mohon maaf apabila terdapat kesahalan dalam penulisan dan penyampaian informasi dalam artikel ini karena ini subjektif berasal dari pengalaman Muabeyond.

Jangan lupa juga untuk kunjungi channel Youtube Muabeyond disini dan Instagram Muabeyond disini karena akan ada banyak informasi unik lainnya yang akan diberikan.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya =D


EmoticonEmoticon