Monday, March 11, 2019

3 Perbedaan antara Pedesaan dan Perkotaan di Jepang


3 Perbedaan Antara Pedesaan dan Perkotaan di Jepang


-|-


Assalamua'laikum teman-teman, kembali lagi di blog muabeyond.
Kali ini Muabeyond mau ngasih tahu apa aja sih beda nya desa dan kota di Jepang. Tentunya tidak akan sama dong. Penasaran? Langsung saja.

--||--

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang terkenal dengan teknologi modernnya. Sampai-sampai, apabila mendengar tentang Jepang, terbayang hal-hal canggih yang sangat futuristik.

Tetapi, tidak semua lokasi di Jepang menerapkan teknologi ataupun fasilitas yang sama. Apalagi jika kita membandingkan pedesaan dan kota-kota besar seperti Tokyo atau Osaka. Terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara kota dan pedesaan, yaitu:

Nomor 1, Transportasi Publik.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Jepang memiliki banyak jenis transportasi publik seperti Mass Rapid Trasnport, Monorail, Kereta cepat, Kereta Rel Listtik, bus dan masih banyak lainnya.

Apabila teman-teman berkunjung ke kota, teman-teman pasti dapat menemukan banyak kereta rel listrik dengan berbagai macam tujuan, bus maupun kereta bawah tanah yang menyambungkan berbagai tempat di kota tersebut. Tidak hanya memiliki banyak tujuan, namun jam operasi di kota dimulai dari pukul 4.30 pagi dan mempunyai frekuensi keberangkatan sekitar 10 - 20 menit sekali.

Di pedesaan, tentu saja transportasi publik seperti kereta rel listrik dan bus dapat ditemukan. Namun, kereta bawah tanah atau MRT hampir tidak akan ditemukan di pedesaan. Walau jam operasi kereta tidak terlalu jauh berbeda, dimulai dari sekitar jam 5.15 namun frekuensi kedatangan kereta berkisar 30 menit sampai 1 jam. Hal ini juga berlaku untuk bus dalam kota.

Artinya, apabila teman-teman telat beberapa menit saja. Teman-teman harus menunggu 30 menit sampai 1 jam untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Hal ini dikarenakan, penduduk di desa jumlahnya jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan penduduk di kota sehingga menyebabkan berkurangnya kuantitas dari transportasi publik.

Nomor 2, Makanan.

Jika teman-teman tinggal di kota besar seperti Tokyo ataupun Osaka, teman-teman pasti bisa menemukan hampir semua jenis makanan yang ada di Jepang. Dari harga yang paling murah sampai harga yang paling mahal. Tidak hanya itu, untuk orang-orang yang beragama islam, makanan yang berlabel halal ataupung aman untuk muslim telah banyak muncul di kota-kota besar Jepang.

Namun, hal ini akan berbeda jika teman-teman tinggal di pedesaan. Perbedaan penduduk yang signifikan antara kota dan pedesaan serta prospek ekonomi dan lingkungan membuat beberapa restoran yang menyajikan menu unik ataupun harga yang murah sangat jarang teman-teman temukan di pedesaan. Harga makanan yang dijual terbilang standar makanan Jepang yang berkisar antara 700 Yen - 1500 Yen.

Namun, hal ini belum tentu terjadi karena di beberapa kasus, teman-teman dapat menemukan berbagai restoran unik ataupun murah yang ada di pedesaan.

Nomor 3, Fasilitas umum.

Fasilitas umum di pedesaan maupun di kota tidak terlalu mempunyai perbedaan yang berarti. Namun, hal yang paling mencolok adalah jumlah fasilitas umum yang ada di desa dan dikota.

Selaras dengan tingginya jumlah penduduk yang ada di kota, tentunya memperbanyak frekuensi pembangunan fasilitas umum perkotaan dibandingkan dengan desa. Bisa di ambil contoh. Jika di desa, keberadaan satu rumah sakit ada setiap 5 KM persegi, maka kemungkinan besar di perkotaan terdapat 1 rumah sakit setiap 1-2 KM persegi.

Oleh karena itu, fasilitas umum di pedesaan lebih terbatas apabila dibandingkan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di kota. Namun, terlepas banyaknya perbedaan yang ada antara desa dan kota, masing-masing tempat mempunyai daya tariknya sendiri sehingga akan sulit untuk memilih diantara keduanya.

--||--


Itulah 3 perbedaan antara desa dan kota di Jepang. Teman-teman punya pendapat lain tentang perbedaan ini? Langsung komen aja di bawah.

Terima kasih telah membaca artikel #hikaku episode kali ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.






Jangan lupa untuk subscribe channel Muabeyond dengan klik disini atau tombol yang ada di samping layar serta subscribe blog ini untuk mendapat notifikasi artikel baru. Terima kasih.




EmoticonEmoticon