Monday, March 4, 2019

Bagaimana Pergi ke Nagoya dari Osaka Hanya Menggunakan KRL di Jepang

Bagaimana Pergi ke Nagoya dari Osaka Hanya Menggunakan KRL di Jepang
#Melancong Episode 1


-|-


"Jalan-jalan di Jepang mahal? Engga juga ko."

Assalamua'laaikum teman-teman. Apa kabar? Aman aja lah ya.

Kali ini, saya pengen ngajak teman-teman buat #melancong di Jepang. Mahal? Engga juga ko, yang penting kamu tahu aja tips dan triknya supaya bisa melancong yang hemat di Jepang. Kali ini Muabeyond akan mencoba mengunjungi kota nagoya dari kota osaka. 

Trivia Jepang: Osaka dan Nagoya merupakan salah satu kota terbesar di Jepang dimana Nagoya berada di wilayah tengah Jepang (Central) sedangkan Osaka berada di wilayah Barat (Jepang).

Nah, kalau teman-teman datang ke Jepang bulan Maret, Juli atau Desember dan punya tenaga lebih, jalan-jalan lah menggunakan tiket KRL seishun 18 Kippu. Apa itu seishun 18 Kippu? Nah Muabeyond udah pernah menuliskannya di artikel ini. Teman-teman bisa langsung cek aja.

Nah kembali lagi. Ada beberapa cara untuk bisa pergi ke Nagoya dari Osaka. Teman-teman bisa menggunakan bus, pesawat terbang, shinkansen ataupun KRL. karena kita akan menggunakan 18 kippu, makanya satu-satunya transportasi yang akan kita gunakan adalah KRL JR. 

Trivia: Ada sebuah kalimat terkenal di masyarakat jepang yang berbunyi "selama kamu punya uang, dimanapun kamu berada, kamu bisa pergi ke tokyo dengan kereta". Dan, benar. Hampir semua kota di pulau utama Jepang terhubung oleh jalur kereta sehingga dimanapun kita berada, kita bisa naik kereta ke Tokyo. Yeay. *kalau dari okinawa sih ga bisa hehe

Nah Jalur dan waktu yang akan kita gunakan adalah seperti ini :

-------------
07.03 - 07.31 Osaka - Kyoto (menggunakan JR Special Rapid Service for Maibara)
07.33 - 08.30 Kyoto - Maibara (menggunakan JR Special Rapid Service for Maibara)
08.33 - 09.05 Maibara - Ogaki (menggunakan JR Tokaidi Line Local for Ogaki)
09.11 - 09.43 Ogaki - Nagoya (menggunakan JR Tokaido Line New Rapid for Toyohashi)
--------

Dari mana Muabeyond tahu jalurnya? Mudah aja, Muabeyond pakai aplikasi Hyperdia. Apa itu Hyperdia? akan dibahas di artikel lainnya. Intinya, Hyperdia ini sangat berguna buat kita yang mau jalan-jalan di Jepang karena bisa jadi pemberi informasi tentang stasiun tujuan.

Dalam perjalanan ke nagoya ini, Muabeyond sebenarnya bisa saja berangkat dari jam 5 pagi. Hanya saja, karena saat pergi sedang musim dingin, matahari terbit itu sekitar jam 7. Ini lah yang memutuskan muabeyond untuk tidak terburu-buru berangkat dari Osaka. 

Nah pertama, teman-teman harus masuk ke stasiun Osaka dengan menggunakan 18 kippu. Sebenarnya bisa aja pakai tiket biasa namun harganya akan sangat mahal dan menjadi tidak worth it untuk digunakan. Jika teman-teman menggunakan 18 kippu, teman-teman harus melalui gerbang khusus karena pengecekannya dilakukan secara manual.

Oke, saatnya berangkat~

Perjalanan pertama adalah stasiun Osaka menuju stasiun Kyoto menggunakan JR Special Rapid service yang tujuannya Stasiun Maibara. Sebenarnya, kita juga harus ke Maibara namun Muabeyond pisah karena tidak semua kereta langsung menuju stasiun Maibara. Jadi teman-teman bisa ke stasiun kyoto terlebih dahulu kemudian lanjut ke stasiun Maibara. Nah, untuk perjalanan pertama ini, teman-teman jika memungkinkan harus mengantri lebih cepat karena stasiun osaka bukanlah stasiun pertama sehingga hanya sedikit kesempatan untuk bisa duduk. Dari pengalaman sih, Muabeyond baru bisa duduk setelah deket kyoto stasiun. Maklum, telat ngantri hehe.

Nah setelah sampai stasiun Kyoto, teman-teman tidak perlu keluar kereta karena kereta nya tetap akan kembali berangkat untuk menuju stasiun Maibara. Kalau teman-teman ingin meninkmati arsitektur dari stasiun kyoto yang terkenal, teman-teman bisa juga untuk keluar sejenak dan berkeliling didalam stasiun kyoto. Menurut Muabeyond, stasiun kyoto merupakan salah satu stasiun terbesar didaerah barat karena merupakan perlintasan banyak kereta dan bermacam-macam jenis. Keren banget deh =)

Trivia: Karena Muabeyond lupa ngambil foto pas lagi berangkat, Muabeyond masukin fotonya saat Muabeyond travel malam hari aja ya di Kyoto. Maaf :').




Nah lanjut, dari stasiun kyoto kita menuju stasiun maibara. Stasiun maibara bukan terletak di kota sebesar Osaka atau Kyoto, jadi memang tidak terlalu banyak yang bisa dilihat. Namun, arena sedang salju, pemandangannya Semuanya putih dan cantik banget.

Trivia lagi: Ini beberapa pemandangannya hehe, cantik kan?








Setelah sampai di stasiun maibara, kita melanjutkan ke ogaki dan akhirnya sampai ke Nagoya. Stasiun ogaki juga memiliki bentuk yang mirip dengan stasiun Maibara sehingga tidak banyak hal yang bisa dilihat.




Akhirnya, kita sampai di Nagoya setelah berangkat dari stasiun Ogaki. Dalam beberapa kasus, teman-teman bisa langsung sampai ke stasiun Nagoya setelah menempuh perjalanan sekitar 3 jam. Oh ya, ini minimal ya waktunya. Kadang-kadang juga bisa sampai 4 jam loh.

Ternyata, pergi ke nagoya dari Osaka beneran terbukti bisa menggunakan kereta JR. Oh ya, jangan lupa, Jika saya tidak menggunakan Juu Hachi Kippu, naik KRL dari Osaka ke Nagoya itu mahal banget dan tidak worth it. Lebih baik memilih bus atau shinkasen saja. 

Jadi untuk teman-teman yang berniat hemat, gunakanlah 18 kippu. XD

Sekian artikel #melancong episode 1 ini. Semoga artikel ini bermanfaat buat teman-teman. Sampai jumpa di artikel selanjutnya =D

Oh ya, kunjungi juga Youtube Muabeyond dan Instagram Muabeyond untuk konten dan banyak hal lainnya =)



EmoticonEmoticon