Thursday, January 10, 2019

Belajar dari Tabehoudai (All You Can Eat ) Pakistan terenak di Osaka – Part 1







Belajar dari Tabehoudai  (All You Can Eat ) Pakistan terenak di Osaka
(Review Osaka Halal Restaurant) – Part 1


-|-


Melancong atau berlibur merupakan sebuah kegiatan yang seru untuk dilakukan, apalagi jika pergi ketempat yang belum pernah kita kunjungi. Namun, bukan berarti berlibur ketempat yang sama akan mengurangi tingkat ketertarikan secara drastis sih.
Nah kali ini, Muabeyond sedang jalan jalan ke kota Osaka. Yap, tepatnya ada di Osaka, Kansai, Jepang. Nah walaupun kelihatannya jauh dari Indonesia dan terlihat mewah, sebenarnya Muabeyond saat ini sedang menetap di Jepang karena diberikan Allah kesempatan untuk merasakan pengalaman bekerja di Jepang.


Karena sepertinya terlalu panjang, Muabeyond akan membuat tulisan ini menjadi 2 part. Biar tidak bosan membacanya, hehe.



Kalau ada yang tertarik tentang bagaimana dan kenapa Muabeyond bisa kerja di Jepang, komen aja di bawah. Nanti Muabeyond buat tulisan lainnya tentang bagaimana bisa sampai bekerja di Jepang. (Mau bikin youtubenya juga sih tapi belum pernah buat video, nanti kalau ada yang tertarik komen aja haha).


Nah, Karena saat ini sedang libur tahun baru, maka Muabeyond main ke Osaka pada hari Jum’at di akhir tahun. Oh ya, Muabeyond tinggal di kampung di Jepang, kira kira 2-3 jam naik bus atau 3 – 4 jam naik JR (kereta) ke Osaka. Nah cara termurah sih menggunakan bus, namun karena saat ini sedang bulan Desember, agar murah mari menggunakan Seishun 18 Kippu (青春18きっぷ).


Untuk yang penasaran dengan seishun 18 kippu, Muabeyond akan membahas nya di artikel lain. Jadi tungguin aja.


Oke, jadi ngelantur, hehe. Nah kita pasti sudah tahu ya, bahwa Jepang merupakan negara yang jumlah muslimnya terbatas. Hal ini berdampak pada Muabeyond yang beragama islam ketika ingin mencari makanan yang halal dan murah (dasar mental anak kos haha).

Nah nah nah, ternyata di Osaka banyak loh restoran halal yang bisa dicobain oleh siapapun. Tapi kali ini Muabeyond pengen bahas salah satu restoran halal terkece (red:keren) yang Muabeyond temukan, yaitu : Osaka Halal Restaurant.

Jadi ya, Osaka Halal Restaurant ini tuh restoran Pakistan yang dikelola sama orang orang Pakistan dan sekitarnya yang beragama islam dan sudah lama tinggal di Jepang. Tapi ya, pengelola restorannya walaupun muka arab arab gitu, ngomongnya bahasa jepang terus, ga ada bahasa arab ga ada bahasa inggris. Kece sih tapi hehe.


Nah ada satu info menarik nih, di Jepang, masakan India, Nepal dan Pakistan cukup terkenal loh. Jika kalian pergi ke kota kota besar di Jepang, kalian pasti dapat melihat beberapa restoran India, Nepal atau Pakistan yang cukup banyak di kota tersebut.

Menunya sih hampir sama ya di setiap restoran, ada nan (roti india/pakistan), kari, salad dan masih ada yang lain. Hal ini tidak berbeda dengan Osaka Halal Restaurant. TAPI, setiap hari jumat ternyata, ingat loh ya HARI JUMAT aja, Osaka Halal Restaurant selalu mempunyai menu Tabehoudai (食べ放題) atau makan sepuasnya. やった、cocok banget nih buat anak kos yang tinggal sendirian hehe.




Oh ya, Osaka Halal Restaurant ini berada persis di depan masjid Osaka dan berada dekat dengan Osaka Halal Market. Stasiun terdekat nya itu stasiun Chibune (千船駅) atau stasiun Dekijima (出来島駅). Supaya mudah langsung cari aja Osaka Halal Restaurant di google maps, langsung dapat.


Nah balik lagi, hehe. Jadi, Tabehoudai(食べ放題) nya ini ada saat makan siang / chuushoku (昼食) dan makan malam /yuushoku (夕食). Namun harganya sedikit berbeda. Untuk chuushoku, harganya adalah 1200\ sedangkan untuk yuushoku, harganya adalah 1500\. Hal yang membuat ini kece banget adalah tidak ada batas waktunya (nah ini sebenarnya belum dikonfimasi sih, cuman Muabeyond ga pernah diusir walau udah 1.5 jam dan kenyang banget, jadi anggap aja ga ada batas waktunya, hehe).

Ketika kita masuk ke restoran, kita akan disambut oleh bapak-bapak atau anak muda yang mengantarkan kita ke tempat duduk kita. Saran muabeyond sih kalau untuk chuushoku datangnya jam 11 atau 12 aja, karena masih sepi dan belum banyak orang yang datang. Kalau makannya setelah shalat Jum’at, Muabeyond pastikannya ngantrinya panjang.

Nah restaurant ini tidak kecil loh, tapi tidak bisa dibilang besar juga. Tapi untuk ukuran restoran di Jepang, Muabeyond dapat katakana restoran ini cukup besar. 広いですね。Nah setelah masuk juga kita pasti akan langsung melihat makanan yang tersedia dan bisa kita ambil sepuasnya.

Untuk menunya ada bermacam macam, yaitu ada nasi, kari, salad dan gorengan. Nasinya ada 2 jenis, yaitu nasi briyani ayam dan nasi manis. Sedangkan karinya ada 3 macam, kari ayam, kari kambing dan kari kacang (Nama aslinya bukan ini sih hehe, nanti dijelasin nama aslinya). Gorengan nya sendiri, cukup beda sama gorengan yang kita kenal, karena khas dari Pakistan gitu. Selain dari menu utama, kita boleh meminta nan secara gratis ke penjaga restorannya. Wah ini baru namanya makan sepuasnya hehe.

Soal rasa, Muabeyond tidak punya komen apa-apa deh, oke punya. Makanan Pakistan ini sangat mirip dengan makanan dari asia timur atau semenanjung arab dalam urusan rasa. Ya mirip mirip juga sih karinya sama kari India. Yang pastinya, Enak banget di lidah Muabeyond.

Yuk kita bahas rasa nya. Pertama, Salad. Nah, tidak seperti di Indonesia, di Jepang hampir semua restoran asing mempunyai salad dalam menunya. Tapi saladnya ini ga sekedar kayak lalapan di Indonesia loh, rasanya segar dan enak banget, tidak seperti makan sayuran loh. Salad yanga ada di Osaka Halal Restauran ini segar banget, bahkan kalau kita gigit dan kunyak salad nya, dari mulut akan keluar suara “kriuk-kriuk”.

Nah yang membuat saladnya ini special ada di saus saladnya. Kita dikasih dua pilihan saus, saus yang warnanya putih dan saus yang warnanya hijau. Tekstur sausnya juga cukup berbeda, saus yang berwarna putih sedikit lebih encer dari saus yang berwarna hijau. Soal rasa pun yang pasti berbeda, saus putih lebih terasa manis dan legit sedangkan saus hijau mempunyai sensasi sedikit asam. Saran Muabeyond, makan salad dengan mencampur komposisi saus putih dan hijau dengan perbandingan kira kira 1:3. Hal ini bisa membuat sensasi segar pada saat kita akan memakan makanan lainnya.

Lanjut ya, untuk menu nasi ada 2 jenis, yaitu : Nasi manis dan Nasi briyani Ayam. Nasi briyani Ayam ini punya warnanya kuning ke oranye-an. Kalau kita aduk tempat nasinya, ......... Bersambung ke part 2 ya =D

Oh ya, kunjungi juga Youtube Muabeyond dan Instagram Muabeyond untuk konten dan banyak hal lainnya =)

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.




                            Next (part 2) >>



EmoticonEmoticon