Thursday, January 17, 2019

Ketika Ketinggalan Pesawat di Haneda, Tokyo – Part 2



Ketika Ketinggalan Pesawat di Haneda, Tokyo – Part 2


-|-


Assalamua’laikum sahabat Muabeyond!
Kembali lagi nh artikel baru buatan Muabeyond. Ini part 2 nya dan kelanjutan dari cerita sebelumnya. Penasaran ? Langsung aja cuss.



--||--


Muabeyond pun mulai panik, ternyata kaka petugas dari ANA juga terlihat sangat panik. Yes, ada teman, hehe. Akhirnya setelah menunggu selama 25 menit, bagasi pertama Muabeyond datang. Alhamdulillah, akhirnya datang juga. Tapi bagasi kedua nya tidak ada. Akhirnya Muabeyond masih menunggu lagi bersama penumpang lain. Namun yang punya wajah panik, cuman Muabeyond dan kaka petugas ANA.

Setelah sekitar 10 menit, akhirnya bagasi kedua datang. Alhamdulillah. Ini pertama kalinya Muabeyond mau nangis ketika ngeliat bagasi keluar di tempat pengambilan bagasi. [Akhirnya kamu datang juga nak, Bapak sudah lama menunggu kamu]. Hiks.

Setelah semua bagasi terkumpul, kakak petugas ANA menginstruksikan untuk menunggu didepan pintu keluar apabila proses imigrasi kedua telah selesai. --Siap ka, laksanakan.

Nah karena muabeyond udah hampir 40 menit nunggunya, sudah banyak orang yang mengambil bagasi nya sehingga proses imigrasi kedua jadi sedikit memakan waktu karena harus mengantri. Akhirnya selesai juga deh proses imigrasi dan Muabeyond ada di pintu keluar. Waktu yang tersisa untuk bisa ikut penerbangan selanjutnya hanya 40 menit dalam pikiran Muabeyond.

Setelah bertemu dengan kakak petugas ANA nya, si kakak tiba-tiba lari menuju elevator. Kaget banget tiba-tiba. Soalnya si kakaknya ini pakai rok dan pakai high heel. Jadi kaget banget tiba-tiba dia lari. Ya akhirnya mau tidak mau, Muabeyond ikutan lari juga menuju elevator. 

Oh ya, ngomong-ngomong kedatangan internasional ada di lantai 3. Jadi kita harus turun ke lantai 1 buat naik bus transfer antar terminal yang disediakan oleh Haneda International Airport. Karena lari-larian tadi jadi pas di lantai 1 nya agak ngos-ngosan. Huft.

Tapi ternyata busnya belum ada dan Muabeyond masih harus menunggu sekitar 5 menit sampai bus selanjutnya datang. Kira-kira perjalanan yang ditempuh antar terminal itu sekitar 7-10 menit. Akhirnya sampai juga di terminal domestik Haneda International Airport.

Yang buat makin serunya teman-teman, ternyata kalau mau check in penerbangan domestik itu harus kelantai 2. Jadi muabeyond larian-larian lagi naik eskalator bareng si kaka petugas ANA itu. Waktu yang tersisa hanya sekitar 25 menit sebelum pesawat nya terbang.

Nah muabeyond ternyata menjadi kasus khusus sehingga Muabeyond check in nya melalui gerbang khusus loh. Disitulah muabeyond baru tahu bahwa di setiap bandara di Jepang mempunyai pintu check in khusus untuk beberapa kasus, seperti pengguna kursi roda, ibu hamil, ibu dengan bayi dan kasus khusus lainnya. 

WN : Mungkin di Indonesia juga ada ya, tapi Muabeyond tidak pernah lihat hehe. Sayangnya karena sangat panik Muabeyond tidak kepikiran buat foto atau rekam video ☹

Nah di gerbang khusus ini, Muabeyond bertemu dengan 2 kakak petugas ANA lainnya. Kakak petugas ANA yang dari tadi menemani Muabeyond menjelaskan kondisi Muabeyond dengan bahasa Jepang. Tentu saja, Muabeyond tidak paham apa yang mereka komunikasikan. hehe. Muabeyond hanya melihat mereka dengan tatapan seolah-olah Muabeyond mengerti apa yang mereka katakan. Yeah, I understand what are you saying! 大丈夫 大丈夫。

WN : Maaf ya dari tadi nulisnya kakak petugas ANA melulu, hehe. Soalnya Muabeyond bingung mau nulis nya gimana, hehe. 

Akhirnya 2 kakak petugas yang baru bertanya kepada Muabeyond, menggunakan bahasa jepang. Nah agak paham sih sebenarnya, tapi untungnya oleh kakak petugas ANA yang pertama diperjelas artinya dengan menggunakan bahasa Inggris. Tapi disini ya pakai bahasa Indonesia aja nulisnya, haha.

[Apakah sudah dapat tiket penerbangan dari tokyo ke osakanya ?]

[aaah, belum, belum. Hanya tiket ini saja yang dibeikan]

[Baik kalau begitu, ditimbang dulu bagasinya]

Dalam hati, [kan ini udah sampai Jepang, harusnya ya sama aja atuh dengan yang pesan], hehe. Proses ini akhirnya selesai sekitar 10 menit. Hmm, lama juga ya. udah panik soalnya, hehe.

[Nah Bapak, Bapak sudah ketinggalan pesawat. Karena pesawat Bapak berangkat jam 11 dan seluruh bagasi harus masuk ke pesawat 1 jam sebelum keberangkatan. Karena tinggal 15 menit lagi sebelum keberangkatan Bapak tidak bisa naik pesawat yang sekarang…]

Nah kan, kan, benar. Akhirnya ketinggalan pesawat, hiks. Apa yang Muabeyond takutkan terjadi juga ternyata. Tapi kemudian, si kakak melanjutkan penjelasannya.

[Oleh karena itu, Penerbangan Bapak kami alihkan ke jam 12 ya pak. Ini Tiket dan tanda pengambilan bagasi. Bapak boleh masuk melalui gerbang khusus disini]

Cess, lega rasanya setelah mendengar penjelasan si Kakak petugas. Alhamdulillah penerbangannya di ganti menjadi jam 12. Muabeyond langsung memberikan rasa terima kasih kepada para kakaknya.

[Thank you, Terima kasih, ありがとう。]

Akhirnya dengan membawa tiket yang baru saja diberikan, Muabeyond melewati gerbang khusus untuk bisa melanjutkan penerbangan dari Tokyo ke Osaka.

Alhamdulillah, Ya Allah.
Nah, saat itu juga Muabeyond belajar tentang connecting flight. Jika terjadi kesalahan teknis pada connecting flight yang disebabkan faktor selain penumpangnya, maka penerbangan kita akan diganti ke penerbangan selanjutnya yang tersedia. Dengan sistem ini, penumpang tidak akan merasa dirugikan apabila yang melakukan kesalahan adalah maskapai penerbangan. 

Hmm, informasi yang menarik sekali buat Muabeyond dan salah satu pengalaman yang tidak terlupakan sih. Karena mau terbang aja harus panik dulu selama 1 jam lebih, haha.

Jadi buat teman-teman yang sudah punya connecting flight tiket, jangan khawatir kalau terjadi sesuatu bukan karena kesalahan teman-teman. Karena maskapai akan mencoba bertanggung jawab sehingga kita sebagai customer tidak dirugikan. 

Memang, jika punya kesempatan atau rezeki berlebih, Muabeyond menyarankan untuk menggunakan direct flight karena lebih aman dan mudah. Selamat berpetualang!!




--------||-----------------------------------||-----------------------------------||--------



Nah segitu aja artikel kali ini. Masih mau tahu cerita-cerita selanjutnya ? Tungguin aja di website ini.


Jangan sampai ketinggalan pesawat ya teman-teman! 

Ngomong-ngomong, apabila teman-teman mau berinteraksi langsung dengan Muabeyond follow aja


instagram : muabeyond_official
dan
youtube : Muabeyond.

See you next time !
WN : Kalau ada saran buat instagram dan youtube atau blog, jangan lupa komen ya =D


EmoticonEmoticon