Thursday, March 28, 2019

Tantangan 9 Jam: Berkeliling Kota Kyoto di Jepang



9 Jam di Kota Kyoto, Bisa Apa?
#MuabeyondKyotoBlog (1)

-|-

Assalamua`laikum teman-teman. Kembali lagi di blog Muabeyond.
Kali ini Muabeyond pergi ke kota Kyoto untuk menemani paman Muabeyond berkeliling selama seharian penuh. Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan selama 9 jam di Kyoto ? Langsung aja!


Status: Belum diedit dan foto menyusul
Disclaimer: Dalam artikel ini, Muabeyond menjelaskan seluruh tempat yang dinikmati dengan memperlama waktu menikmati pengalaman tempat tersebut. Hal inilah yang membuat tidak banyak tempat yang bisa dikunjungi. Namun, prinsip Muabeyond yang merasa sebuah tempat harus dinikmati secara perlahan tanpa buru-buru adalah absolut yang dapat memberikan sensasi pengalaman yang sebenarnya :D


-||-

Kota Kyoto merupakan salah satu destinasi paling populer di Jepang, terutama di musim semi. Tidak hanya menawarkan keindahan alam yang beraneka ragam, kota Kyoto juga menawarkan bangunan-bangunan bersejarah yang telah menjadi warisan dunia serta kesenian yang beraneka ragam serta wisata kuliner khas Kyoto yang tentunya sangat cantik dan lezat. Tidak heran kota ini disebut sebagai kota seni.

Memang,rasanya tidak cukup untuk menikmati kota Kyoto hanya dalam 1 hari. Ada banyak tempat dan hal-hal yang harus dicoba selama berada di kota ini. Namun, apabila kita hanya punya 9 jam di kota Kyoto, apa saja yang bisa teman-teman dilakukan ?

Oke, karena Muabeyond pergi saat musim semi dan masih menyisakan udara dingin serta angin yang kencang, Muabeyond memilih untuk keluar sekitar jam 10 pagi. Tempat pertama yang akan dikunjungi adalah Fushimi Inari Taisha. Jarak dari hotel menuju stasiun Kyoto hanya 15 menit ditempuh dengan jalan kaki. Dari stasiun Kyoto, kita dapat menggunakan kereta JR lokal jalur nara yang hanya terpaut 2 stasiun. Peron yang digunakan adalah peron 8 - 10. Tapi, teman-teman jangan lupa untuk melihat jadwal dan tanda dari keretanya. Pastikan teman-teman naik kereta yang lokal agar dapat berhenti di stasiun Fushimi-inari.

Perjalanan dari stasiun Kyoto ke statiun Fushimi-inari hanya ditempuh dalam 8 menit dan Fushimi Inari Taisho terletak tepat berada di depan stasiun. Karena Muabeyond berangkat jam 10 pagi, sudah sangat banyak orang yang mengunjungi lokasi ini.

Yang paling menyenangkan dari tempat ini adalah smeua tempat bisa menjadi sebuah spot yang bagus untuk diambil gambarnya. Aspek peninggalan leluhur, aspek modern, aspek keramaian, aspek ketenangan serta seni dan budaya Jepang benar-benar bisa dirasakan dari area ini. Tidak heran tenpat ini menjadi salah satu rekomendasi untuk tempat yang harus dikunjungi saat mengunjungi kota Kyoto.  Muabeyond menghabiskan waktu sekitar 1,5 jam berada di kawasan komplek fushimi-inari taisho untuk mendapatkan gambar-gambar yang baik, melewati tori merah yang terkenal, mengunjungi pasar jalanannya serta berbelanja beberapa souvenir.




Setelah selesai, Muabeyond kembali ke stasiun Kyoto. Di statiun Kyoto, Muabeyond melakukan pemburuan makanan. Terdapat banyak restoran yang berada di lantai 1 ataupun basement dari stasiun Kyoto. Mulai dari makanan asli jepang maupun makanan asing. Tidak hanya itu, jika teman-teman tidak punya waktu untuk menunggu di restoran, teman-teman juga dapat bisa mengunjungi beberapa toko yang khusus untuk membeli makanan siap saji (bento) yang tentunya sehat. Namun, tidak semua makanan nya halal dan teman-teman harus benar-benar mengecek jika teman-teman ingin makan di di sekitar stasiun Kyoto.

Jika teman-teman tidak berkenan dengan restoran yang ada di sekitar stasiun Kyoto, teman-teman bisa juga pergi ke salah satu restoran ramen halal, Ayam-ya Karasuma Kyoto. Untuk menuju tempat ini, teman-teman hanya perlu menggunakan kereta atau bus dan menempuh perjalanan sekitar 5- 10 menit tergantung jenis kendaraan yang teman-teman gunakan. Restoran ramen Halal Ayam-ya Karasuma Kyoto berada sedkit didalam kompleks yang diapit oleh beberapa toko dan perumahan. Namun, teman-teman bisa menemukannya dengan mudah karena banyak nya petunjuk disekitar lokasi restauran. Muabeyond menghabiskan waktu sekitar 1 jam lebih untuk makan dan beristirahat dari padatnya jadwal jalan-jalan ini.

Setelah, selesai makan, Muabeyond memeutuskan untuk mengunjungi salah satu pasar paling terkenal di Kyoto, Nishiki Market. Jarak dari restoran ke Nishiki Market, bisa ditempuh dengan jalan kaki walau membutuhkan waktu yang tidak cepat. Dengan jalan santai, Muabeyond berhasil mencapai nishiki market sekitar 20-30 menit sambil menikmati beberapa bangunan di kota Kyoto. Oh ya, ada gedung gaya eropa milik mitsui yang cukup menarik untuk dijadikan objek foto juga loh.

Nishiki market atau pasar Nishiki adalah sebuah pasar berbentuk lorong panjang yang berisi para pedagang-pedagang di Kyoto. Hal yang membuatnya unik adalah banyaknya jenis makanan yang bisa ditemui di pasar ini, seperti kepiting hidup, jajanan pasar Kyoto, buah-buahan sampai aksesoris yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sebagai salah satu tempat turis paling terkenal di Kyoto, Nishiki market memang tidak pernah sepi bahkan hampir susah untuk bisa sekedar berjalan. Tetapi, pasar Nishiki sudah dirancang untuk menampung ribuan orang dalam satu waktu. Oleh karenba itu, walaupun berdesak-desakan, rasanya jauh berbeda dengan berada di pasar tradisional biasa. Muabeyond menghabiskan waktu kira-kira 1 jam untuk memanjakan mata dengan hal-hal unik di pasar ini.

Tanpa sadar, Muabeyond sudah hampir 5 jam penuh melakukan perjalanan di Kyoto. Karena hotel yang ditinggali dekat dengan stasiun Kyoto, Muabeyond memutuskan untuk kembali sejenak kehotel untuk membersihkan diri dan berisirahat sejenak. Kemudian, Muabeyond sedikit melihat hasil foto yang Muabeyond ambil (padahal mah ga ada bedanya mau dilihat atau ga hehe). Sekitar jam 5, Muabeyond keluar dari hotel dan menuju salah satu tempat paling terkenal di musim semi, The Path Of Philosophy. Namun ternyata, Muabeyond cukup bingung membaca peta dan bus yang harus digunakan serta perjalanan yang menampuh waktu 30 menit membuat Muabeyond mengurungkan niat dan akhirnya memilih menuju Gion District.

Kalau teman-teman tahu, Gion district merupakan Kyoto gaya lama yang sedikit sekali terinteverensi oleh Kyoto modern. Tema vintage gitu. Bahkan kalau teman-teman beruntung, teman-teman bisa bertemu orang-orang yang berperan dalam kabuki ataupun geisha. Nah uniknya, salah satu cara untuk menikmati tempat-tempat wisata di Kyoto adalah dengan memakai kimono. Makanya jangan heran kalau banyak banget orang-orang yang memakai kimono saat berkeliling Gion.

Oh ya, gion district hanya berjarak 15 menit menggunakan kereta dari stasiun Kyoto. Teman-teman harus berpindah kereta sekali dari JR kemudian menggunakan kintetsu. Tentu saja, rute perpindahannya juga mudah ditemukan sehingga tidak perlu takut untuk kehilangan arah. Muabeyond menghabiskan sekitar 1,5 jam untuk mengeksplor daerah Gion ini. Kombinasi lampu dimalam hari dan konstruksi yang memiliki nilai seni yang tinggi membuat gion menjadi salah satu destinasi yang pas untuk sekedar dikunjungi ataupun mengambil beberapa foto keren.

Akhirnya, setelah selesai menikmati Gion, Muabeyond kembali lagi ke stasiun Kyoto dan mencari makanan untuk makan malam. Walau pun sedikit kecewa karena tidak berhasil mengunjungi Tetsugaku-no-michi (The Path Of Philosophy) namun Muabeyond akhirnya berhasil mengunjungi beberapa icon di kota Kyoto. Satu lagi, ketika malam, tepat didepan stasiun Kyoto terdapat salah satu menara kebanggaan Kyoto, yaitu Kyoto Tower. Saat malam hari, terdapat cahaya yang bergerak menyelimuti menara ini sehingga bagus banget untuk diambil fotonya. Disitulah Muabeyond berhenti mengeksplor Kyoto. Untuk menghabiskan waktu, Muabeyond hanya berkeliling disekitaran stasiun Kyoto dan hotel saja untuk mencari suasana yang artistik.

-|||-

Bagaimana? Ternyata dengan 9 jam saja, banyak tempat yang bisa dikunjungi di Kyoto ya =D Kalau teman-teman tertarik untuk mengunjungi Kyoto, Muabeyond menyarankan pada saat bunga musim semi bermekaran, saat daun maple menjadi merah ataupun pada saat festival-festival di gelar di musim panas. Sekian blog kali ini, kita jumpa lagi di #MuabeyondDailyBlog selanjutnya.

Teman-teman, kunjungi juga channel youtube Muabeyond dengan klik disini yang isinya juga tidak kalah menarik dengan apa yang ada di blog ini. Penting... Subscribe, Like and share juga ya :D
Terima kasih banyak atas supportnya =D





EmoticonEmoticon