Wednesday, March 13, 2019

Seishun 18 Kippu (青春 18 きっぷ): Favoritnya para Backpacker



Seishun 18 Kippu (青春 18 きっぷ): Favoritnya para Backpacker


-|-


Assalamua'laikum teman-teman.

Nah dikesempatan kali ini, Muabeyond akan mengulas tentang salah satu tiket spesial yang ada di Jepang, yaitu Seishun 18 Kippu. Biasanya, penduduk setempat biasa menyebut nya dengan Juu-Hachi kippu saja. Tiket ini punya banyak keterbatasan namun sangat berguna bagi teman-teman yang masih memiliki semangat muda dan keinginan untuk bertualang. Keren kan?



--||--




Seishun 18 Kippu (青春 18 きっぷ) atau biasa disebut juu-hachi kippu adalah tiket khusus yang hanya dijual di musim liburan oleh perusahaan transportasi kereta api terbesar di Jepang, Japan Railway (JR). Apa sih daya tarik tiket ini?


Juu-Hachi Kippu memungkinkan kita untuk mengendarai semua kereta api milik Japan Railway dari Hokkaido ke Kyushu. Namun, ada batasannya. Pengguna tiket ini, hanya diperbolehkan naik 3 jenis kereta. Hanya kereta lokal, cepat (rapid) dan khusus (special rapid) yang boleh digunakan. Ini berarti dengan menggunakan tiket ini, kita tidak bisa digunakan untuk menggunakan ekspres terbatas (Limited express), Thunderbird atau Shinkansen sehingga teman-teman TIDAK BISA menggabungkannya dengan tiket lain.


Hmm, mungkin teman-teman sedikit bingung dengan penjelasan saya. Santai, Muabeyond akan mulai dari awal. Di Jepang, ada begitu banyak perusahaan transportasi kereta selain JR. Mungkin teman-teman tahu tentang Tokyo Metro? Ya, itu salah satunya. Jadi selain kereta yang dioperasikan JR, teman-teman tidak dapat menggunakan Juu-Hachi Kippu dan harus membayar ongkos tambahan jika menggunakan kereta-kereta lain.



Nah, JR punya banyak layanan dan kereta yang beroperasi di seluruh Jepang. Mungkin yang paling terkenal adalah kereta peluru atau Shinkansen (新幹線). Namun, JR tidak hanya mengoperasikan kereta peluru. Japan Railway mengoperasikan kereta lokal (kereta yang beroperasi di setiap kota dan berhenti di setiap stasiun), rapid (sama dengan lokal tetapi lebih cepat dan memiliki lebih sedikit pemberhentian), special rapid (tercepat di antara dua lainnya), limited express (kereta lebih cepat daripada kereta cepat khusus), Thunderbird (kereta semi-peluru), dan jenis layanan lainnya.



Menggunakan Juu-Hachi Kippu, teman-teman dapat menggunakan kereta cepat lokal, rapid atau special rapid di Jepang. Di Jepang, semua 3 jenis kereta itu memiliki titik penghubung yang membuat teman-teman dapat melakukan perjalanan dari satu kota ke kota lain. Bahkan ada pepatah lama yang mengatakan di mana pun Anda berada di Jepang, siapapun selalu dapat pergi ke Tokyo hanya menggunakan kereta (Muabeyond tidak tahu bahwa pepatah lama itu benar atau tidak), haha.



Yah tentu saja bahkan tanpa Juu-Hachi Kippu, teman-teman masih bisa pergi ke mana saja menggunakan kereta itu. Namun, ongkosnya sangat mahal dan menjadi tidak worth it. Inilah alasan terbesar mengapa Juu-Hachi Kippu terkenal.




Harga Juu-Hachi Kippu adalah 11.850 JPY dan dapat digunakan hingga 5 orang. Teman-teman dapat menggunakannya untuk 5 orang dalam satu hari, 1 orang selama 5 hari, 3 orang selama 1 hari dan menggunakan 2 slot lain dan kombinasi lainnya. Ini berarti teman-teman dapat melakukan perjalanan 5 kali atau 5 orang dalam satu hari menggunakan tiket ini. Itu berarti teman-teman hanya menghabiskan sekitar 2.400 JPY sehari untuk bepergian. Tentu saja, itu hanya akan worth it, jika teman-teman menggunakan kereta untuk tujuan yang lebih mahal dari 2400 JPY.



Jalur paling populer untuk turis asing adalah dari Tokyo ke Osaka / Kyoto atau sebaliknya. Dibutuhkan sekitar 12 jam dan lebih jika teman-teman pergi dari Tokyo ke Osaka menggunakan tiket ini. Seperti yang Muabeyond katakan, tiket ini benar-benar cocok untuk mereka yang senang backpacker.



Jika teman-teman naik Shinkansen dari Tokyo ke Osaka pada musim liburan, Anda harus membayar sekitar 14.000 JPY satu arah atau jika Anda naik bus, sekitar 9000 JPY atau lebih. Tetapi menggunakan Juu-Hachi Kippu, teman-teman hanya perlu membayar 2.400 JPY. Sangat menarik, bukan?



Oh ya, lupa, Di beberapa jalur biasanya teman-teman dapat meningkatkan layanan dari lokal ke express terbatas dengan membeli tiket tambahan. Namun, jika teman-teman menggunakan Juu-Hachi Kippu, teman-teman tidak dapat menggunakan layanan ini. Ya, itu sangat disayangkan sih, karena kalau muabeyond bisa, pengen juga sih upgrade layananya, haha.



Untuk membeli Juu-Hachi Kippu, teman-teman bisa pergi ke Midori no Guchi (緑の口) atau pusat informasi di dalam Stasiun JR di seluruh Jepang. Jangan khawatir dengan bahasa Jepang, katakan saja Juu-Hachi Kippu dan petugasnya akan mengerti. Ngomong-ngomong, teman-teman hanya bisa membelinya pada Maret, September atau Desember.



Teman-teman dapat mengembalikannya jika teman-teman TIDAK PERNAH menggunakan sama sekali. Muabeyond menyarankan teman-teman untuk pergi dengan grup sehingga bisa berpetualang bersama-sama. Tentu saja dengan cara paling murah. Jika teman-teman takut tersesat, cukup unduh HYPERDIA APP dari Google store atau Apple store, itu sangat membantu. JANGAN lupa mengatur pengaturan hanya Local, JR, dan Walk. Waala, Petualangan dimulai.



Muabeyond hanya punya pengalaman pergi dari kota Osaka ke kota Nagoya atau rumah ke kota Osaka menggunakan tiket ini. Muabeyond akan bercerita tentang cerita di artikel lainnya. 



Jika teman-teman tertarik, rencanakan perjalanan kamu! Ayo, berpetualang!




--||--






Teman-teman dapat mengunjungi website Juu-Hachi Kippu jika ingin mengetahui lebih banyak tentang tiket ini.

Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Jika Kamu tertarik, silakan kunjungi channel youtube saya: Muabeyond dan Instagram saya: Muabeyond. Jangan lupa untuk subscribe, like, dan share ya.



Artikel ini juga telah di publikasikan dalam bahasa inggris di: Seishun 18 Kippu (青春18きっぷ): a favorite for backpacker-adventure


EmoticonEmoticon